Pages

Sabtu, 18 April 2009

Tips Menjaga Berat & Kebugaran Badan

Berolahragalah dengan teratur. Selain untuk menjaga berat badan, olahraga juga baik untuk pertumbuhan tulang yang kuat. Olahraga juga memperlancar sirkulasi oksigen ke seluruh tubuh dan otak sehingga tubuh dan pikiranmu selalu segar.

Minum susu. Susu tidak akan membuatmu lebih gemuk. Segelas susu rendah lemak hanya mengandung 80 kalori dan sekaligus mengandung protein dan kalsium yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang pada masa remajamu (bandingkan dengan 120 kalori dari softdrink, hanya berisi gula, tanpa kalsium dan protein).

Makan makanan yang bervariasi, termasuk banyak sayur dan buah. Hal ini penting agar kebutuhan tubuhmu terhadap berbagai nutrisi terpenuhi.

Minum banyak air putih, sedikitnya 8 gelas sehari dan kurangi minum yang manis-manis, seperti sirup, teh botol, dan soda/softdrink.

Makan daging yang rendah lemak dan tinggi protein, seperti daging tanpa lemak, ayam tanpa kulitnya, ikan, serta kacang-kacangan.

Makanlah makanan yang mengandung zat besi, serat, dan vitamin B.

Sempatkan sarapan. Penelitian menunjukkan bahwa makan pagi dapat membuat kita belajar lebih baik di sekolah dan makan lebih sedikit sepanjang hari. Sebaliknya, tidak sarapan justru dapat menaikkan berat badan karena tubuh menurunkan metabolismenya untuk menyimpan tenaga.

Jangan menggunakan obat-obatan untuk berdiet, kecuali kalo kita memang dalam pengawasan dokter.

Cewek kehilangan banyak zat besi selama masa menstruasi. Oleh karena itu, pada masa haid cewek harus lebih cermat dalam mengatur kandungan nutrisi yang dikonsumsi.

Tidak ada komentar: