Pages

Kamis, 26 Maret 2009

Tugas Sekolah--Postingan 1 ^^


HOMEPAGE
Saat mengunjungi sebuah situs Web, tampilan yang pertama terlihat adalah sebuah halaman yang disebut homepage. Pada dasarnya, homepage adalah halaman Web yang ditempatkan di muka sebuah situs Web. Tampilan homepage menggambarkan seluruh isi dari situs tersebut. Oleh karena itu, sebuah homepage dibentuk semenarik mungkin untuk memikat para pengunjung situs Web.
A. PEMBUATAN HOMEPAGE SEDERHANA
Untuk membuat homepage yang sederhana dapat menggunakan HTML. Akan tetapi, penggunaan HTML ini mempunyai keterbatasan, salah satunya adalah harus mengetahui dan hafal perintah-perintah HTML.
1. Perangkat Lunak yang Digunakan
Software untuk membuat homepage adalah Microsoft FrontPage yang merupakan software bawaan dari MS Office. MS Frontpage mempunyai fasilitas lengkap untuk membuat suatu homepage yang baik. Salah satu fasilitas yang memudahkan bagi pemula adalah adanya wizard. Wizard membantu pemula membuat homepage langkah demi langkah. MS FrontPage menampilkan menu bar dan toolbar yang persis sama dengan produk Office lainnya, hanya pada MS FrontPage terdapat jendela view bar, folder list, dan lembar kerja. Jendela view bar merupakan sebuah jendela yang terdiri atas:
a. Page untuk menampilkan halaman Web yang akan diedit.
b. Folders untuk mengatur file dan folder yang berisi file serta gambar yang akan ditampilkan pada halaman Web agar tidak terjadi kesalahan/error link.
c. Reports untuk menampilkan analisis halaman dan mengatur isi/content Web.
d. Navigations untuk menampilkan struktur Web yang akan dibangun dengan membuat navigasi dan link.
e. Hyperlink untuk menampilkan jalur hyperlink halaman Web.
f. Task sebagai catatan untuk memperbaiki atau merawat halaman Web.
2. Pengaktifan MS FrontPage
Langkah untuk memulai program MS FrontPage adalah sebagai berikut:
a. Klik Start – All Programs – MS Office – MS FrontPage.
b. Saat muncul tampilan FrontPage, klik File – new – page or Web. Pada menu Task Pane, pilih Empty Web. Kemudian, pada jendela Web Site Templates, pilih template yang sudah disediakan oleh MS FrontPage. Selanjutnya, pada bagian option aturlah lokasi file Web yang akan ditempatkan.
3. Pembuatan Layout Homepage
Sebelum membuat sebuah homepage, pertama buatlah terlebih dahulu layout atau gambaran tata letak teks, gambar, dan hyperlink. MS FrontPage telah menyediakan layout yang disimpan dalam template. Sekarang sudah tersedia suatu homepage pribadi (personal) yang berisi 5 file Web, yaitu aboutme.htm, favourite.htm, feedback.htm, interest.htm, dan photo.htm. User dapat melihat struktur dan hubungan ke-5 file Web tersebut dengan memilih View Navigation. Untuk mengganti kata-kata yang sudah jadi tersebut, ubahlah dengan meng-klik kotak pada View Navigations sesuai dengan yang dibutuhkan. Kemudian, ganti nama file yang ada di folder list dengan nama yang sesuai, kecuali index.htm.
File untuk homepage adalah index.htm. jika file tersebut hilang atau terhapus secara tidak sengaja, keempat file lainnya tidak akan dapat saling bertautan (link). Hal ini berlaku untuk semua situs Web yang ada di internet. Klik 2 kali file index.htm, FrontPage akan menampilkan homepage yang baru dibuat. Langkah selanjutnya adalah mengubah kata-kata yang sudaj jadi dengan kata-kata yang diinginkan.
4. Menampilkan Foto pada Homepage
Untuk menampilkan atau menyisipkan foto ke homepage pribadi tersebut, caranya adalah:
a. Tetap aktifkan index.htm. klik Insert – Picture – From file, masukkan nama dokumen foto, dapat berupa format JPG atau GIF. Cara lainnya adalah dari tampilan folder list, dapat langsung melakukan drag and drop ke tempat foto tersebut.
b. Perkecil foto hingga mencapai bentuk ukuran yang sesuai dan proporsional. Misalnya, dipilih foto ukuran 192x144 pixel dengan 72 dpi. Gunakan ukuran foto atau gambar yang kecil, namun tetap terlihat jelas agar tidak membebani Web browser.
5. Menyimpan File Homepage
Langkahnya adalah sebagai berikut:
a. Tetap aktifkan aboutme.htm. kemudian, klik File – Save as.
b. Pada kotak Save As, pilih drive dan direktori file. Pada kotak File Name, ketikkan nama file homepage tersebut. Akhiri dengan menekan tombol Save.
6. Hyperlink
Adalah fasilitas yang disediakan oleh FrontPage untuk menghubungkan halaman yang satu dengan halaman yang lainnya. Untuk membuka halaman lain pada homepage, dibutuhkan fasilitas hyperlink. Dengan hyperlink, cukup klik pada teks halaman yang ingin dituju. Biasanya, ikon hyperlink berupa tangan dalam posisi menunjuk. Untuk melihat hyperlink yang telah dibuat, dapat dilihat di View Hyperlink.
a. Hyperlink ke Alamat E-mail
1) Tetap aktifkan index.htm
2) Pada tulisan, fany@yahoo.com klik kanan mouse sehingga muncul menu hyperlink.
3) Setelah muncul kotak dialog hyperlink, secara otomatis FrontPage akan menuju ke menu E-mail Address. Pada kotak menu itu, perhatikan apakah alamat e-mail sudah benar atau belum. Apabila kosong atau salah, isilah alamat e-mail, klik OK.
4) Untuk melihat hasil tampilannya, klik tab Preview. Terlihat tulisan fany@yahoo.com akan berubah warna dan bergaris bawah. Ketika mouse digerakkan pada tulisan tersebut, akan muncul gambar tangan, artinya hyperlink telah aktif.
b. Hyperlink ke Situs Web Lain
1) Tetap aktifkan index.htm.
2) Klik kanan salah satu teks, misalnya http://missfhany.blogspot.com sehingga muncul menu Hyperlink Properties.
3) Pada kotak dialog Edit Insert Hyperlink, klik Browsed Page, lanjutkan dengan menulis alamat Web atau situs di Internet pada kotak dialog Address. Jika telah selesai, klik OK.
4) Untuk melihat hasil tampilannya, klik tab Preview. Terlihat tulisan http://missfhany.blogspot.com akan berubah warna dan bergaris bawah. Ketika mouse digerakkan pada tulisan tersebut, akan muncul gambar tangan, artinya hyperlink telah aktif.
c. Menghapus Hyperlink
1) Misalnya, tulisan http://missfhany.blogspot.com akan dihapus, lakukan seperti akan membuat hyperlink sehingga muncul menu Hyperlink Properties.
2) Pada kotak dialog Edit Hyperlink, klik alamat Web pada kotak Address, klik Remove Link atau apabila mneggunakan MS FrontPage 2000, klik Delete. Jika telah selesai, klik OK.
3) Perhatikan tulisan http://missfhany.blogspot.com kembali normal (tidak berubah warna dan bergaris) berarti hyperlink pada teks tersebut sudah tidak aktif lagi.
d. Hyperlink dengan Gambar
1) Klik kanan pada foto yang akan dijadikan hyperlink, lalu pilih Hyperlink.
2) Pada kotak dialog Insert Hyperlink, pilih Existing File or Web Page untuk menuju ke halaman yang sudah ada, misalnya biodata.htm, kemudian klik OK.
3) Hasil dari hyperlink tersebut adalah terbukanya halaman Web biodata.htm yang akan menggantikan tampilan file index.htm.
7. Sekilas dengan Cascading Style Sheet (CSS)
Adalah suatu kode tambahan HTML untuk menambah kemampuan HTML. Adapun CSS digunakan untuk membentuk style pada setiap baris kode HTML secara serentak tanpa harus diatur setiap baris. Misalnya, untuk mengatur ukuran font sebesar 2, setiap baris pada tag harus diatur menggunakan <font size=”2”>. Hal ini merupakan tindakan yang tidak praktis untuk membuat kode. Untuk menggunakan CSS, cukup mengetik tag yang telah didefinisikan tersebut.
a. CSS dalam bentuk sebuah file
Kode tambahan CSS pad halaman web, dapat diketikkan pada halaman web itu sendiri dengan menempatkannya diantara kode tag <HEAD> dan tag </HEAD>. Biasanya ditempatkan setelah pasangan kode tag <TITLE> dan tag </TITLE>. Juga dapat berupa file dengan ekstensi CSS. Untuk mengakses file CSS, ke sebuah halaman web, dapat digunakan kode tag <LINK>.
8. Penggunaan Style CSS di MS FrontPage.
a. Klik Format-Style, lalu akan muncul tampilan kotak dialog Style.
b. Pilih style Body, kemudian klik Modify untuk memodifikasi style tersebut.
c. Klik Format kemudian pilih Font. Kemudian muncul kotak dialog Font. Pilih jenis huruf, ukuran, warna, dan efek. Kemudian klik OK tiga kali.
d. Tampilan bagian body homepage akan berubah. Untuk tidak menerapkan style tersebut, klik Undo. Coba style yang lain sampai menemukan style yang diinginkan.
B. PENGENALAN DOMAIN DAN PUBLIKASI HOME PAGE
Domain Name System adalah salah satu jenis sistem yang melayani permintaan pemetaan alamat IP ke FQDN ( Fully Qualified Domain Name) dan dari FQDN ke alamat IP.
1. Level (Tingkat) pada Domain, terdiri atas:
a. Top Level Domain
Domain tingkat atas terbagi menjadi tiga jenis, yaitu domain generik (generic domain), domain negara (country domain), dan domain arpa. Jenis generic domain ada 7 yaitu : untuk komersialisasi (com), untuk penyedia jaringan internet (net), untuk organisasi (drg), untuk lembaga pendidikan (edu), untuk pemerintahan USA (gov), untuk organisasi internasional (int), dan untuk kemitraan USA (ml). Jenis country domain ada 3 yaitu : untuk Indonesia (id), untuk Singapura (sg), untuk Kanada (ca), dst.
b. Second level Domain
Second level domain setiap negara biasanya diserahkan pada kebijakan pengelola domain di negara masing-masing. Untuk di Indonesia contohnya : untuk perusahaan (co.id), untuk organisasi (or.id), untuk akademi/universitas (ac.id), untuk departemen pemerintah (go.id), untuk ISP (net.id), untuk sekolah (sch.id), dan untuk bebas (web.id).
c. Third Level Domain
Penamaan pada Third Level Domain diserahkan pada pengelola jaringan masing-masing, misalnya indosat.net.id, melsa.net.id, dan kompas.co.id.
2. Langkah Publikasi Homepage
Setelah mempunyai homepage, langkah selanjutnya adalah mempublikasikannya di Internet. Untuk menjadi bagian dari Internet, homepage harus memiliki alamat domain. Daftarkan domain anda secara resmi ke ISP penyedia layanan Web hosting. Untuk mendaftarkan nama domain anda, secar umum caranya adalah sebagai berikut:
a. Buka situs penyedia jasa domain, misalnya www.indosite.com
b. Sebelum mendaftar, cek lebih dahulu apakah nama domain anda sudah terdaftar oleh orang lain atau belum.
c. Jika nama domain anda tidak dimiliki oleh orang lain, akan muncul tampilan pemberitahuan.
d. Proses selanjutnya adalah mengisi form yang berisi data-data yang berhubungan dengan nama domain anda.
e. Selanjutnya, akan ditampilkan cara pembayaran yang akan dilakukan, apakah transfer antarbank atau menggunakan kartu kredit.
f. Jangan lupa cek sekali lagi dalam pengisian data-data anda untuk menghindari kesalahan yang tidak diinginkan, kemudian konfirmasi.
g. Apabila ada domain yang harus menyertakan persyaratan, misalnya domain id, jangan lupa mengirimkan persyaratan tersebut.

Untuk mendaftarkan domain ke penyedia jasa Web hosting secara gratis di internet, caranya adalah sebagai berikut:
a. Buka situs www.geocities.yahoo.com, klik tombol Sign Up pada kotak Geocities FREE Web Hosting.
b. Masukkan Yahoo ID dan Password yang anda dapat dari keanggotaan e-mail di situs Yahoo. Kemudian klik Sign In.
c. Pada tampilan berikutnya, anda harus memasukkan infomasi yang akan diminta oleh Geocities. Untuk contoh ini, pilih Computer and Internet. Kemudian klik Next.
d. Selesai proses pendaftaran Web hosting ditandai dengan munculnya kotak konfirmasi. Hal ini berarti anda telah siap meng-upload file-file webnya.
3. Cara Upload Halaman Web
Web hosting adalah suatu Web server yang terhubung ke internet sehingga pengguna internet dapat menyimpan data atau dokumen lain untuk dapat diakses oleh pengunjung internet. Untuk meng-upload file Web hosting, perhatikan faktor-faktor berikut:
1) Perhatikan kapasitas maksimal folder untuk Web yang disediakan.
2) Koneksi Internet untuk proses upload sebaiknya memiliki kecepatan yang cukup, agar tidak memakan waktu yang lama.
3) Jika tidak memerlukan penggantian file Web, dapat dilakukan pengeditan secara langsung melalui Internet.
a. Upload melalui Ms Front Page
1) Aktifkan folder homepage pribadi anda. Ingat pada saat publikasi ke internet maka semua file yang berkaitan dengan file homepage harus di , file tersebut dapat berupa file HTML, grafik, JPEG atau GIF, serta file format suara.
2) Klik File-Publish Web. Setelah muncul kotak dialog Publish Destination, masukkan nama alamat Web hosting, dengan cara Browse atau dapat langsung diketik.
3) Apabila memilih Browse, pilih nama alamatnya, misalnya di MSN. Kemudian, klik Open.
4) Klik OK maka anda akan terhubung ke Web MSN dan tinggal mengikuti instruksi yang ada di Web hosting tersebut.
b. Upload dengan Web browser
Adalah melakukan upload ke server Web hosting yang gratis melalui Web browser, misalnya Internet Explorer. Misalnya akan meng-upload ke geocities.com caranya:
1) Klik Build Your Website Now !
2) Setelah muncul tampilan berikutnya, klik File Manager.
3) Pada tampilan selanjutnya, klik Browse. Artinya anda akan memasukkan file-file pada harddisk ataupun media pemyimpanan lain dari komputer anda.
4) Masukkan file anda. Lalu klik Open.
5) Pada fasilitas Browse terlihat hanya ada 5 file yang bisa di upload. Apabila anda ingin meng-upload lebih dari 5 file klik Display. Pilih jumlah display file yang akan di upload. Kemudian klik Upload Files.
6) Jika proses upload file selesai, akan muncul tampilan konfirmasi.
c. Perbaikan dan Revisi Data Isi Homepage
Perbaikan dan revisi data dapat dilakukan secara langsung atau tidak langsung. Perubahan secara langsung dilakukan melalui Internet ke Web server. Sedangkan secara tidak langsung adalah dengan melakukan perubahan secara offline atau tidak tersambung Internet. Kemudian, melakukan proses upload ke Web server untuk mengganti file yang sudah ada dengan yang sudah mengalami perubahan.
4. Pelayanan Web Hosting
Ada beberapa faktor yang sebaiknya diperhatikan saat memilih jasa layanan Web hosting yaitu lokasi server Web, kinerjanya, dan koneksi Internet. Penyedia jasa Web hosting secara gratis yang popular di Internet adalah :
a. www.geocities.com berkapasitas sampai 15 MB.
b. www.tripod.com berkapasitas sampai 20 MB.
c. www.freeservers.com berkapasitas sampai 12 MB.
d. www.netfirms.com berkapasitas sampai 25 MB.
e. www.angelfire.com berkapasitas sampai 20 MB.
f. http://free.prohosting.com berkapasitas sampai 50 MB.

Tidak ada komentar: