Pages

Minggu, 03 Mei 2009

NuTeCh

Berita ini emang sudah cukup lama, tapi sengaja ku publish biar banyak yang tau soalnya dulu gak begitu “tenar” (hehehehe...), cuma kaum arkeolog, ilmuwan, dan sejenisnya yang menyambut kabar ini dengan gegap gempita. Nah, seharusnya kita juga harus tau kan?!

DINOSAURUS TERBESAR DITEMUKAN di EROPA

Saat menanam almond, para petani di Riodeva, Spanyol, menemukan tulang belulang dinosaurus. Fosil reptil ini dinyatakan sebagai yang terbesar di Eropa. Tulang kaki atasnya saja berukuran 1,78 meter. Kuku-kukunya sebesar telapak tangan manusia. Reptil yang tergolong spesies baru ini memiliki panjang total 35 meter. Diperkirakan, beratnya sekitar 40-50 ton (setara dengan 6-7 ekor gajah).
Diduga, reptil ini hidup 130 juta tahun lalu. Saat itu, benua Eropa menjadi surga tropis bagi dinosaurus raksasa. “Menemukan tulang belulang raksasa ini sungguh menakjubkan. Nyaris tak bisa dipercaya hewan sebesar ini ada di Eropa,” kata Alberto Cobos, salah seorang yang berada di lokasi penemuan fosil.
Bersama fosil ini, ditemukan fosil beberapa hewan lain yang berukuran lebih kecil. Ditemukan pula gigi hewan pemangsa yang mungkin telah memangsa si dinosaurus.

DITEMUKAN, ZAT PENANGKAL HIU

Dirangsang dengan aroma darah, lusinan hiu langsung mengerubuti seorang peneliti yang berada di laut. Namun, hanya dalam beberapa detik, kumpulan hiu meninggalkannya. Mengapa?
Peneliti tersebut menyemprotkan cairang berwarna kekuningan. Zat apakah itu? Tim peneliti di Puerto Rico mengatakan bahwa mereka akhirnya berhasil menemukan penangkal hiu yang ampuh. Hal ini telah diujicobakan di Pulau Bimini, Bahamas. A-2, nama zat itu, diharapkan dapat melindungi para pengendara air, peselancar, dan perenang. Zat tersebut diperoleh dari sisa ikan hiu yang dikumpulkan Stroud dari pasar ikan dan dermaga New Jersey. Sudah merupakan hukum alam bahwa hiu akan otomatis menjauh saat mencium bau hiu mati.
Dari hasil pengujian yang dilakukan di Bimini Biological Field Station, dapat disimpulkan bahwa penangkal ini bekerja efektif pada 4 jenis hiu, yaitu hiu karang Carribean, hiu berhidung hitam, hiu limun dan hiu nurse. Tapi belum terbukti pada jenis lain seperti hiu putih dan hiu mako.

Tidak ada komentar: