Pages

Senin, 07 Mei 2012

About Pass Over

Hal-Hal Menarik Mengenai Paskah


Bahkan menjelang kematian-Nya, Kristus masih mengajar kita tentang bagaimana kita harus hidup. Tujuh pernyataan (ucapan) yang dikatakan-Nya dari atas kayu salib itu memberi kita tujuh pelajaran tentang hidup.

1.     "Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat" (Lukas 23:34).Pengampunan lebih baik dari pada pembalasan.
2.     "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus" (Lukas 23:43).Iman diberikan bersamaan dengan janji.
3.     "Ibu, inilah, anakmu!" "Inilah ibumu!" (Yohanes 19:26,27). Tidak sepatutnya kita menempatkan kepentingan pribadi di atas kepentingan orang lain.
4.     "Allahku, Allahku, mengapa Engkau meniggalkan Aku?" (Markus 15:34). Segala sesuatu yang dapat membahayakan hubungan kita dengan Allah akan membuat kita menderita.
5.     "Aku haus!" (Yohanes 19:28). Kata-kata ini, yang diucapkan untuk menggenapi nubuatan, mengingatkan kita akan otoritas Kitab Suci.
6.     "Sudah selesai" (Yohanes 19:30).Jangan biarkan diri Anda kehilangan tujuan hidup!
7.     "Ya Bapa, ke dalam tangan-Mu Kuserahkan nyawa-Ku" (Lukas 23:46).Dalam penderitaan Anda, percayakanlah diri Anda kepada Allah.

Apa yg terjadi saat keringat Yesus menyerupai darah? (Lih. Lukas 22:44)
                Yang terjadi adalah suatu kondisi yg bernama hematidrosis, ssat pembuluh darah kapiler di kelenjar keringat pecah sehingga mengeluarkan sedikit darah.Akibatnya, kulit Yesus menjadi sangat rapuh sehingga sangat mudah sobek ketika dicambuk.Bayangkan, betapa sakitnya itu!

                Saat Yesus disalib, yg dipaku adalah pergelangan tangan-Nya dan kedua kaki-Nya, bukan telapak tangan-Nya seperti dalam lukisan2 or gambar2. Kalau dipaku di telapak, paku tidak akan bisa menahan berat badan Yesus dan tubuh-Nya akan jatuh ke bawah.
Lalu mengapa saat penyaliban Yesus, kaki-Nya tidak dipatahkan seperti kaki-kaki penjahat di sisi-Nya?
                Biasanya penjahat yg disalib dibiarkan tergantung di atas salib sampai 3 hari dan mayatnya akan dimakan burung-burung. Tapi Yesus disalibkan sebelum hari Sabat, dan pada hari Sabat tidak boleh ada orang yg tergantung di atas salib.Rupanya 2 penjahat di sisi Yesus belum mati di akhir hari itu sehingga kaki mereka dipatahkan supaya mereka tidak bisa bernapas (orang yg dipaku di atas salib—yaitu di kedua pergelangan tangan dan kakinya—harus menekan kakinya ke bawah untuk bernapas) dan cepat mati dalam hitungan menit. Kaki Yesus tidak dipatahkan karena Ia sudah mati. Hal ini dibuktikan ketika lambung-Nya ditikam, yg keluar adalah gumpalan darah dan air. Orang yg masih hidup hanya akan mengeluarkan darah jika lambungnya ditusuk.
Sumber: Alkitab Itu Isinya Apa Sih?—Maria Audrey Lukito

Tidak ada komentar: